Selasa, April 17, 2018

Apa itu GRIT ?


Merpati adalah pemakan bijian mereka tidak memiliki gigi untuk menghancurkan bijian, makanan di hancurkan di Gizzards (rampela) dan rampela membutuhkan bantuan grit berupa batuan kasar untuk menghancurkan kulit bijian (Grinding).
Grit Merk Racing Pigeon


Tujuan Grit
Grit digunakan oleh burung untuk membantu dalam pencernaan secara keseluruhan biji utuh. enzim pencernaan burung bekerja dengan baik dalam mencerna bagian dalam benih, tetapi mengalami kesulitan dengan lapisan berserat mereka. Grit membantu dalam grinding dan memungkinkan enzim pencernaan untuk mencapai bagian dalam yang berharga, karena grinding meningkatkan efektivitas penyerapan nutrisi dari pakan. Studi pada unggas menunjukkan bahwa penambahan grit meningkatkan daya cerna sebanyak 10%.
Jadi tujuan utama grit adalah sebagai grinding, sedangkan grit sebagai sumber trace element mineral untuk tulang dan telur yang baik adalah sampingan keuntungan grit.


Ukuran Grit
Range besar ukuran grit yang baik antara 2mm hingga 6mm, kasar dan punya tingkat kekerasan yang baik ini penting sebagai fungsi tujuan utama grit adalah GRINDING.
Dilokalan umumnya produk grit kurang sempurna dari bahan dan ukurannya sebagai fungsi grinding. dan mungkin pertama kali akan aneh jika melihat bahan dan ukuran grit sesungguhnya


Bahan Grit
Secara naluriah di alam merpati akan turun permukaan tanah untuk mencari grit apapaun yang berbahan kasar dan keras atau bahkan menghancurkan apapun dengan paruhnya sesuatu yang bisa di jadikan grit misal tembok atau atap
Kita harus menyediaan grit agar merpati terpenuhi kebutuhannya dan merpati tidak mencari keluar kandang selain tidak hygienis dan bisa merusak dinding atau atap. Dengan bahan bahan yang kita sediaan tugas utama grit sebagai grinding juga punya nilai plus dari masing masing bahan yang kita sediakan. Inilah contoh contoh bahan grit :

Grit Lovebird & Kenari

• River Stone
River Stone atau batu koral atau batu kali Ini bahan grit yang umum di temukan di permukaan tanah yang secara umum mudah ditemukan burung di alam bebas


• Red stone
Adalah bahan yang umum ada pada komersial grit di Eropa, Amerika dan Australia. Red Stone terbuat dari tanah liat yang dipanaskan pada suhu tinggi.
Frank Tasker adalah bintang “Best of British” Champion of England berkata dalam cuplikan secret champion II : “RedStone very very Important”
Selain daya grinding yang baik kandungan mineral tanah Redstone sangat sangat dibutuhkan oleh merpati. Bahkan ada pemain di Indonesia ada yang mencampur pakannya dengan tanah dan air lalu di jemur kemudian diberikan ke merpati, hal ini tidak dibutuhkan lagi jika kandungan grit kita mengandung redstone.


• Silex Stone
Silex stone atau silica stone umum juga ditemukan di komersial grit import karena daya grindingnya yang baik


• Vulcanic Stone
Batuan vulkanik seperti pasir malang juga cocok untuk grinding juga punya unsur hara yang bagus


• Zeolite Stone
Selain cocok untuk grinding juga sumber yang kaya elemen mineral dan dapat meningkatkan kualitas bulu, serta mampu mengikat amonia, cocok untuk adsorpsi selektif zat berbahaya (racung metabolisme) membantu membersihkan darah, mencegah masalah usus, meningkatkan kualitas telur.


• Charcoal
Charcoal atau Arang juga salah satu bahan yang bisa digunakan untuk grit namun persentase jumlahnya wajib di perhatikan dan jangan berlebihan karena Arang dapat mempengaruhi penyerapan viatmins A, B2 dan K, yang mengakibatkan kekurangan.

PREMIUM GRIT Merk "RACING PIGEON"

• Oyster Shell
Oyster Shell atau cangkang kerang bisa sebagai grit mengandung kalsium namun fungsinya tidak sebaik batuan lain untuk grinding karena Oyster Shell adalah calcium carbonate, sedang calcium carbonate mudah sekali larut dalam asam yang ada di pencernaan. Jadi ukurannya harus kasar agar tidak mudah larut masih ada fungsinya untuk grinding. Jika anda berikan terlalu halus atau bentuk tepung maka tidak akan ada gunanya sebagai grit (grinding) hanya berfungsi sebagai sumber kalsium.
Cangkang Telur sama seperti cangkang kerang adalah calcium carbonate namun cangkang telur karena terlalu tipis mudah sekali larut tidak cocok sebagai fungsi grit (grinding). Jika anda mau uji coba silahkan rendam cangang telur dan cangkang kerang di larutan asam misal cuka apel.


Aturan Pakai
Grit penting selalu ada di dalam kandang selain untuk penyempurna pencernaan juga sebagai sumber penyedia trace-elements, mineral dan sebagai pemasok nutrisi yang diperlukan untuk membantu menjaga tetap sehat serta mempromosikan pembentukan tulang dan kulit telur yang baik.
Gunakan grit yang aman dari mikro-organisme berbahaya, sudah melalui proses dengan suhu tinggi. Jangan grit kita menjadi sumber cacingan dan penyakit.
Sebaiknya grit juga harus segar di refres segar maksimum dua hari sekali di reload, karena merpati lebih suka yang segar.

Inilah ulasan mengenai grit sangat penting untuk merpati sebagai tujuan utamanya membantu pencernaan, Bahkan terjadi bahwa burung yang pulang dari lomba dia akan lebih utama memilih grit ketimbang makanan. Ini adalah naluri yang menunjukkan betapa pentingnya grit diragukan lagi.

Penulis
AruLman www.arulman.com
*******************************************************************

          Untuk info lengkap bisa Call / WA :
           IDAN
          081.252.603377

********************************************************************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar