Selasa, April 02, 2019

Ciri-Ciri Burung Merpati Balap Yang Bagus

merpati bagus memiliki ciri ciri


Jika kamu seorang pemula, ada baiknya untuk mengetahui sebelum membeli. Agar ketika kamu berniat ingin beternak merpati, sudah mempunyai induk yang berkualitas. Ciri-ciri burung merpati balap yang bagus dan berkualitas, bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang bagus dan ideal. Karena bentuk tubuh merpati balap yang ideal akan menunjang keberhasilan merpati ketika mengikuti lomba, juga latihan yang biasa dilatih oleh pelatihnya.

 Secara fisik, burung merpati balap yang bagus dan berkualitas memiliki ciri-ciri fisik yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih burung merpati balap yang bagus;

1. Memiliki Postur Tubuh Yang Ideal
Bentuk badan yang ideal dilihat secara keseluruhan, artinya merpati tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Karena hal ini dapat mendukung performa burung saat terbang dengan cepat, dan ini memang yang diharapkan.
Dengan postur tubuh yang ideal, burung merpati dapat terbang dengan lincah dan bebas hambatan.

2. Memiliki Leher Jenjang, Tidak Terlalu Panjang Ataupun Pendek
Bentuk dan ukuran leher burung merpati juga dapat mempengaruhi keelincahan burung saat terbang. Karena leher bisa dianalogikan sebagai stir kemudinya merpati, yang mengarahkan kemana akan terbang.
Jika leher terlalu pendek, burung tidak menunjukan kelincahan yang dibutuhkan oleh merpati. Dan jika leher terlalu panjang (seperti burung hias) akan membuat tampilan burung menjadi lambat, dan berkurang lincahnya.

3. Memiliki Badan Dan Dada Yang Tegap
Ini merupakan ciri yang umum, burung merpati yang bagus mempunyai badan yang tegap dan gagah layaknya seorang atlet. Burung merpati jantan yang memiliki badan yang gagah, selain akan menarik pasangannya juga akan terlihat menarik bagi penggemarnya.
Apalagi ketika burung merpati sedang membekur dengan leher yang besar (untuk menarik hati pasangannya) sangat menarik untuk dilihat. Jadi burung merpati yang memiliki postur tubuh yang gagah dan tegap dapat mendukung kelincahan burung saat terbang dengan kecepatan tinggi.
Dengan memilih merpati balap dengan postur tubuh yang tegap, kita bisa melanjutkan ke program pelatihan merpati balap yang bagus pada tahap selanjutnya.

4. Memiliki Sayap Yang Panjang
Sayap burung merpati balap yang bagus untuk pebalap adalah cukup panjang, saat melipat sayap, posisi sayap akan sama dengan dengan ujung ekor. Atau jika tidak, panjang sayap saat dilipat tidak terlalu jauh dari ujung ekor.
Sayap burung memang salah satu faktor utama untuk melihat kualitas pebalap atau tidak. Karena jika sang burung mempunyai sayap yang panjang akan mendukung kecepatan burung saat terbang balap di perlombaan.
Satu lagi yang berkaitan dengan sayap burung merpati yang bagus adalah sirip sayap pada lembaran-lembaran saya tepi berbentuk lurus dan tidak melengkung. Perhatikan sayap burung merpati berikut ini, ini bentuk sayap burung merpati pada umumnya.
cara merawat merpati balap
Sayap
Umumnya sirip bagian luar berbentuk melengkung, tetapi berbeda dengan burung merpati balap yang bagus, berbentuk lurus dan penuh.

5. Terbang Dengan Ketiggian Yang Pas
Di saat merpati terbang balapan, burung merpati yang bagus akan mampu mengukur ketinggian terbang dengan ketinggian yang pas. Tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah.
Pada umumnya, untuk mendapatkan kecepatan terbang yang maksimal, burung merpati mampu mengukur kapan waktunya terbang naik dan kapan waktunya terbang rendah. Hal ini lebih terkait dengan latihan yang diberikan oleh pemiliknya.

1 komentar: