Rabu, Oktober 16, 2019

Waktu yang tepat pemberian grit


"Kapan sih waktunya kasih grit ?"


Sebelum dijawab ketahui dulu fungsi grit
Tahu kan kalau burung merpati suka makan makan pasir , kerikil, pecahan cangkang kerang, cangkang telur , pecahan batu bata dll

Grit buatan khusus seperti yg ada di pasaran ada 2 macam kegunaan


  1. Untuk memenuhi kebutuhan mineral spt zinc, calcium, magnesium, kalium, ferum (zat besi) dll ( grit khusus berbentuk bubuk atau butiran mineral )
  2.  Membantu pencernaan , karena merpati mempunyai tembolok dan pemakan biji-bijian , mereka memerlukan seperti kerikil , cangkang kerang untuk membantu proses pencernaan , karna tembolok merupakan semacam tempat penggilingan sehingga makanan seperti jagung akan lbh mudah diproses dan menuju tahap berikutnya . ( kalau pada manusia mulut fungsinya mengunyah makanan, beda dengan burung, paruh hanya berfungsi sebagai pengambil makanan saja tidak utk mengunyah)


Boleh dicoba .. burung yg rutin pemakaian gritnya di kotorannya akan terdapat seperti pasir2 .. bisa di test pakai lidi ..

Jadi kapan waktu terbaik pemberian grit ?

Grit terbaik diberikan setelah burung selesai makan..

Mengapa tidak sebelum makan?
Jika grit diberikan sebelum makan .. maka akan memenuhi isi tembolok .. jika terlalu banyak maka mereka akan makan dengan porsi sedikit saja . Terkadang ada yg makan grit berlebihan sehingga mereka tidak akan makan sama sekali.. dan bisa menyebabkan merpati lemas bahkan resiko kematian

Demikian info dari saya mungkin ada kurang lebihnya saya mohon maaf dan saya ucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar