Kamis, Maret 31, 2016

7 Rahasia Kandungan Pakan Ayam Bangkok Juara

Pakan adalah salah satu faktor penentu tingkat pertumbuhan dan kesehatan ayam bangkok aduan. Oleh karena itu, pakan yang diberikan kepada ayam harus mengandung zat-zat yang dibutuhkan olehnya. Kesalahan dalam penentuan jenis-jenis pakan akan mempengaruhi bagaimana perkembangan dan kemampuanya dalam bertarung di medan laga. Sebagai penghobi dan pembudidaya, Anda haruslah mengetahui zat-zat apa saja yang terkandung dalam pakan ayam bangkok aduan Anda sehingga ia dapat tumbuh dan menjadi ayam bangkok juara. 
Kandungan penting dalam Pakan Ayam Bangkok Aduan
        Sedikitnya ada 7 zat yang harus terkandung dalam pakan ayam Bangkok aduan Anda. Ketujuk kandungan harus diberikan secara seimbang tersebut antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, air, hijauan dan grit.
 
1.  Protein
Protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Protein berguna untuk meningkatkan jumlah otot dan daging, sehingga sangat dibutuhkan oleh anak ayam dalam masa pertumbuhan, yaitu usia 0-5 bulan, serta oleh ayam-ayam yang dipersiapkan untuk diadu. Biasanya para pemilik ayam aduan akan menambahkan cincangan daging pada pakan ayam bangkok mereka untuk memenuhi kebutuhan protein ayam mereka, kadang kala kebutuhan protein juga dicukupi dengan pemberian kuning telur sebagai jamu pelengkap pakan. Adapun bagi anak ayam, kebutuhan protein biasanya telah tercukupi oleh konsentrat. Konsentrat mengandung tinggi protein yang sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam bangkok.

2.  Lemak
Sama seperti Protein, lemakpun dibutuhkan anak ayam yang sedang dalam masa pertumbuhan. Adapun untuk ayam yang akan diadu, kandungan lemak tidak begitu dibutuhkan. Ayam yang ingin di adu harus singset, langsing, tubuhnya padat berisi dan tidak menampung banyak lemak. Apabila terlalu banyak lemak, badan ayam akan berat sehingga mudah lelah atau tidak mampu terbang dan memukul. Oleh karena itu, hindari pakan ayam bangkok dengan kandungan lemak tinggi, jika Anda ingin ayam anda jago pukul.

3.  Karbohidrat
Untuk menjaga stamina bertarung, karbohidrat sangat dibutuhkan oleh ayam bangkok aduan. Karbohidrat adalah sumber tenaga bagi ayam bangkok. Porsi zat ini harus besar dalam pakannya jika kita ingin stamina bertarungnya tetap terjaga di ronde-ronde akhir pertarungan. Adapun kebutuhan akan karbohidrat ayam bangkok dapat kita cukupi dengan makanan pokok berupa beras merah, gabah dan jagung pipil.

4.  Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh serta kelincahan ayam bangkok sewaktu bertarung. Vitamin dan mineral juga berguna sebagai katalisator dalam proses metabolisme tubuhnya.

Jumlah vitamin yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, hanya 1 sampai 2% dari total ransum yang diberikan. Adapun vitamin paling penting yang sangat mempengaruhi kemampuan bertarung ayam adalah vitamin B kompleks. Oleh karena itu, pemberian vitamin jenis ini harus benar-benar diperhatikan jumlahnya dalam pakan ayam bangkok aduan anda.

5.  Air
Selain pakan, ayam butuh air. Air dibutukan sebagai pelarut dalam proses metabolisme tubuhnya seperti dalam proses pencernaan, mengatur suhu badan dan mengatur kerja enzim di dalam tubuhnya. Kebutuhan akan air tak kalah pentingnya dengan pakan, oleh karena itu, rutinlah memeriksa ketersediaanya di dalam kandang ayam bangkok anda.

6.  Hijauan
Hijauan merupakan pakan tambahan bagi ayam bangkok aduan. Bahan-bahan seperti kecambah kacang hijau, kangkung dan daun pisang muda diberikan sebagai pelancar pencernaan, terutama pada ayam berumur dua bulanan. Anda bisa memberikan jenis hijauan apapun yang disukai ayam asalkan bahan tersebut mengandung air dan tidak memberikan efek racun bagi ayam.

7.  Grit
Sama seperti hijauan, grit diberikan untuk membantu pencernaan ayam terutama pada organ ampela yang berfungsi menghancurkan makanan yang berupa biji-bijian. Grit bisa berupa kulit kerang atau cangkang bekicot. Bahan-bahan tersebut bisa dimasukkan pada pakan ayam bangkok aduan atau ditempatkan pada wadah tersendiri.

Pemilihan jenis Grit yang bermutu sangat berpengaruh karena kandungan Grit yang bermutu tidak hanya membantu pencernaan tapi juga bisa mencukupi asupan mineralnya berupa Calsium, Phospor dan Protein bisa memperkuat tulang, mencegah kurang darah, menjaga stamina dan masih banyak manfaat lainya. 
Kandungan Penting dalam Pakan Ayam Bangkok Aduan

Sumber: http://www.ayambangkok.web.id/2016/01/kandungan-pakan-ayam-bangkok-juara.html
Disalin dari Blog Ayam Bangkok.

Kandungan Penting dalam Pakan Ayam Bangkok Aduan

Sumber: http://www.ayambangkok.web.id/2016/01/kandungan-pakan-ayam-bangkok-juara.html
Disalin dari Blog Ayam Bangkok.
Oleh karena itu, pakan yang diberikan kepada ayam harus mengandung zat-zat yang dibutuhkan olehnya. Kesalahan dalam penentuan jenis-jenis pakan akan mempengaruhi bagaimana perkembangan dan kemampuannya dalam bertarung di medan laga. Sebagai pehobi atau pembudidaya, Anda haruslah mengetahui zat-zat apa saja yang terkandung dalam pakan ayam bangkok aduan Anda sehingga ia dapat tumbuh dan menjadi ayam bangkok juara.

Sumber: http://www.ayambangkok.web.id/2016/01/kandungan-pakan-ayam-bangkok-juara.html
Disalin dari Blog Ayam Bangkok.

1 komentar: